pasca@uinkhas.ac.id 0821-3993-3356

Tim Kerja Optimal, Prodi S2 KPI Raih Akreditasi Baik Sekali

Home >Berita >Tim Kerja Optimal, Prodi S2 KPI Raih Akreditasi Baik Sekali
Diposting : Jumat, 19 Apr 2024, 09:34:00 | Dilihat : 1006 kali
Tim Kerja Optimal, Prodi S2 KPI Raih Akreditasi Baik Sekali


SINERGI: Rektor UIN KHAS Jember Prof. Dr. H. Hepni, MM saat memberikan sambutan kepada Asesor BAN-PT Dr. H. Akhmad Rifai, M.Phil., dan Prof. Dr. H. Sulkhan Chamim, MM didampingi Direktur Pascasarjana UIN KHAS Jember dalam kegiatan asesmen lapangan APS S2 KPI pada 25-27 Maret 2024.

HUMAS Pasca-Kerja keras  Tim Akreditasi Program Studi S2 Komunikasi dan Penyiaran Islam (Prodi S2 KPI) Pascasarjana UIN KHAS Jember untuk menaikkan performa akreditasinya membuahkan hasil. Setelah serangkaian pelaksanaan Asesmen Lapangan Akreditasi Program Studi (AL APS) Prodi  S2 KPI pada 25-27 Maret 2024, Surat Keputusan BAN-PT Nomor 3779/SK/BAN-PT/Ak/M/IV/2024 tanggal 16 April 2024 menyatakan status S2 KPI Pascasarjana UIN KHAS Jember terakreditasi peringkat Baik Sekali dengan nilai 318. Pada  akreditasi periode sebelumnya, BAN-PT menyatakan S2 KPI peringkat Terakreditasi Baik dengan nilai 266 yang berlaku hingga 26 Februari 2024. Dengan demikian, peningkatan peringkat akreditasi menjadi Baik Sekali untuk prodi S2 KPI akan berlaku 16 April tahun 2024 hingga 16 April tahun 2029 sesuai dengan ketetapan  BAN-PT.

Sebagaimana diketahui, AL APS S2 KPI Pascasarjana UIN KHAS Jember telah dilaksanakan pada Senin-Rabu, 25-27 Maret 2024 oleh dua asesor  BAN-PT Dr. H. Akhmad Rifai, M.Phil (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta) dan Prof. Dr. H. Sulkhan Chakim, MM (UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri Purwokerto). AL APS selama tiga hari di bulan Ramadan 1445 H ini berjalan khidmat dan lancar. Seluruh pejabat penting di UIN KHAS hadir, diantaranya  Wakil Rektor 1 Prof. Dr. M. Khusna Amal, M.Si (dosen tetap program studi S2 KPI), wakil rektor III Dr. Khoirul Faizin, M.Ag., Kepala Biro AUPK Dr. H. Nawawi, M.Fil.I., Dr. H. Mursalim, M.Ag. (Ketua LPM), Dr. Zainal Abidin, M.Si (ketua LP2M), Hafidz, M.Hum (Kepala Perpustakaan),  Dr. Retna Anggitaningsih, M.M. (kepala SPI),  Dr. Subakri, MPd (kepala TIPD),  H. Imam Machfudi, Ph.D. (Kepala UPB). Selain itu, para kaprodi S2 (8 prodi) dan S3 (3 prodi) Pascasarjana, Dosen Tetap Program Studi (DTPS) S2 KPI, Staf Pascasarjana dan Tim Akreditasi S2 KPI juga kompak mendampingi selama AL berlangsung.

Kedua asesor memusatkan AL dengan konfirmasi data riil di lapangan, baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Mulai konfirmasi data, yakni kriteria 1 (visi, misi, tujuan, strategi/VMTS),kriteria 2 (tata pamong, tata kelola, dan kerjasama), kriteria 3 (mahasiswa), kriteria 4 (sumber daya manusia), kriteria 5 (keuangan, sarana, prasarana), kriteria 6 (pendidikan), kriteria 7 (penelitian), kriteria 8 (pengabdian kepada masyarakat), kriteria 9 (luaran dan capaian tri dharma), dan data pendukung lainnya.

Direktur Pascasarjana UIN KHAS Jember Prof. Dr. Moch. Chotib, MM., menegaskan bahwa kerja optimal tim S2 KPI berhasil menaikkan status dari Baik menjadi Baik Sekali setelah dilaksanakan Asesmen Lapangan. “Saya kira, tim S2 KPI sudah bekerja secara optimal sehingga meraih hasil Baik Sekali. Sebenarnya, harapan kami bisa unggul. Tetapi, setelah melalui proses yang ketat, hasilnya Baik Sekali dengan nilai 318. Tentu saja, diharapkan dimasa yang akan datang raihan unggul bisa diperoleh,” ujarnya.

 

SINERGI: Direktur Pascasarjana UIN KHAS Jember Prof. Dr. Moch. Chotib, MM., didampingi Kaprodi S2 KPI Dr. Kun Wazis, M.I.Kom., menerima berita acara Asesmen Lapangan dari dua asesor BAN-PT, Dr. H. Akhmad Rifa’I, M.Phil., dan Prof. Dr. Sulkhan Chamim, MM, setelah kegiatan AL 25-27 Maret 2024.

Kaprodi S2 KPI Pascasarjana UIN KHAS Jember Dr. Kun Wazis, M.I.Kom., menyampaikan terima kasih kepada seluruh tim, baik dari kalangan dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, stakeholder, dan para alumni yang berkolaborasi dan bersinergi sehingga data-data yang dibutuhkan asesor dapat disiapkan. Dengan kolaborasi dan sinergi, pekerjaan akreditasi dapat terselesaikan dengan baik sesuai dengan kekuatan tim yang bekerja. “Dan yang lebih penting, catatan para asesor dari Kriteria 1 sampai Kriteria 9, dapat kita perbaiki untuk meningkatkan kualitas akreditasi di masa mendatang,” katanya.

Diantara catatan penting dari asesor agar data-data pendukung disesuaikan dengan matrik penilaian yang telah ditetapkan oleh BAN-PT, mulai dari nomer surat, jenis surat Keputusan, hingga bukti-bukti dokumen. Menurut Dr. Kun Wazis, berdasarkan pengalaman asesor, bukti-bukti riil itu berupa Undangan/surat resmi, Absensi/presensi, Notulensi/catatan kegiatan, dan Gambar/foto atau disingkat UANG. “Beberapa asesor meminta agar setiap kegiatan itu ada UANGnya, yang undangan kepada narasumber, absensi atau daftar hadir peserta dari berbagai pihak terkait, ada notulensi yang mencatat semua kegiatan, dan bukti gambar/foto-foto kegiatan pendukung. UANG itu harus bisa muncul dalam setiap tuntutan bukti di 9 Kriteria BAN-PT yang dinilai,” ujarnya.

KOMPAK: Tim Akreditasi S2 KPI usai pelaksanaan Asesmen Lapangan bersama asesor BAN-PT di ruang Akreditasi Pascasarjana UIN KHAS Jember, 25-27 Maret 2024. Berkat kolaborasi dan sinergi diantara tim, S2 KPI meraih areditasi Baik Sekali dari BAN-PT.

Menurut  Rektor UIN KHAS Jember Prof. Dr. H. Hepni, MM melalui kerjasama tim yang baik, maka capaian hasil maksimal akan diraih. Berdasarkan akreditasi Baik Sekali ini, Prof. Hepni berharap agar tim S2 KPI terus meningkatkan performa, sehingga kualitas mutunya meningkat. “Dari sisi peningkatan sudah bagus, dari baik menjadi terakreditasi baik sekali. Untuk itu, Prodi S2 KPI harus bekerja lebih optimal untuk meningkatkan performa akreditasinya menjadi unggul,” ujar Prof Hepni yang juga menjadi dosen homebase di S2 KPI. (drkw)

Selengkapnya SK BAN-PT Surat Keputusan BAN-PT Nomor 3779/SK/BAN-PT/Ak/M/IV/2024 tanggal 16 April 2024 tentang Akreditasi Baik Sekali  Prodi S2 KPI Pascasarjana UIN KHAS Jember dapat diakses melalui link https://drive.google.com/file/d/1e3ehHcZuDRlE623MM-d74LlfBj7GGyrZ/view

Berita Terbaru

Tim Kerja Optimal, Prodi S2 KPI Raih Akreditasi Baik Sekali
19 Apr 2024By oprpasca
S2 KPI Dukung Target Akreditasi Unggul UIN KHAS Jember
26 Mar 2024By oprpasca
Digitalisasi Prodi, Perkuliahan S2 KPI Gunakan Smart TV
26 Mar 2024By oprpasca

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;