pasca@uinkhas.ac.id 0821-3993-3356

Terakreditasi, Dosen S2 KPI Sesuai Kompetensi

Home >Berita >Terakreditasi, Dosen S2 KPI Sesuai Kompetensi
Diposting : Kamis, 21 Mar 2024, 09:39:16 | Dilihat : 52 kali
Terakreditasi, Dosen S2 KPI Sesuai Kompetensi


SESUAI BIDANG KEAHLIAN: Direktur Pascasarjana UIN KHAS Jember Prof. Dr. Moch. Chotib, MM bersama tim Pascasarjana UIN KHAS Jember menegaskan sumber daya  dosen S2 & S3 sesuai dengan kompetensi bidang keilmuannya.

HUMAS-Program Studi Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam Pascasarjana Uiniversitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember (S2 KPI Pascasarjana UIN KHAS Jember) menindaklanjuti hasil rekomendasi tim asesor BAN-PT mengenai kompetensi dosen yang ditetapkan dalam kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Yakni, menempatkan sumber daya dosen sesuai dengan kompetensi bidang kajian keilmuan yang terkait dengan KPI.

            Direktur Pascasarjana UIN KHAS Jember Prof. Dr. Moch. Chotib, MM menegaskan bahwa 11 prodi, baik jenjang S2 (8 prodi) dan S3 (3) sudah terisi dengan para dosen yang berkompeten sesuai dengan bidang masung-masing. “Tentu, untuk menjamin lulusan yang berkualitas, Pascasarjana UIN KHAS Jember melaksanakan rekrutmen dosen pengajar sesuai dengan ketentuan. Nah, kriteria dosen yang diterima antara lain berdasarkan pada latar belakang bidang keilmuan yang sesuai dengan pendidikannya di Program S2 & S3 serta kompetensinya yang tercermin dari karya-karya dan keahliannya. Demikian juga dengan prodi S2 KPI, diarahkan sesuai dengan kompetensi keilmuan, dan ini agar selaras dengan penilaian akreditasi prodi,” ujar Prof Chotib.

Lebih lanjut Prof Chotib mengungkapkan, kualifikasi dosen sangat baik, ditunjukkan antara lain dari kepakaran mereka di bidang masing-masing. Reputasi mereka juga banyak mengikuti seminar di dalam dan luar negeri baik sebagai peserta maupun narasumber. Mereka juga mengajar di berbagai perguruan tinggi. Semua dosen bergelar Doktor dari berbagai perguruan tinggi yang diakui oleh DIKTI atau terakreditasi oleh BAN-PT, dan sebagian besar sudah Guru Besar,” katanya.

Kaprodi S2 KPI Pascasarjana UIN KHAS Jember Dr. Kun Wazis, M.I.Kom., menegaskan bahwa kompetensi dosen S2 KPI ini telah ditetapkan bersama dengan pemetaan dosen di UIN KHAS Jember. “Memang salah satu rekomendasi dari Asesmen Lapangan Akreditasi S2 KPI pada tahun 2019 adalah menempatkan dosen sesuai dengan kompetensinya. Selanjutnya, setelah melalui kajian yang mendalam, sudah ditetapkan dalam SK Rektor UIN KHAS Jember mengenai pemetaan kompetensi itu,” tegasnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kompetensi para dosen S2 KPI Pascasarjana UIN KHAS Jember telah ditetapkan melalui Keputusan Rektor UIN KHAS Jember Nomor 95 Tahun 2022 tentang Penetapan Homebase Dosen UIN KHAS Jember berdasarkan Program Studi dan Keahlian, tanggal 12 Januari 2022. Menurut Dr. Kun Wazis, M.I.Kom., selain dosen sebagai sumber daya manusia penyokong utama, Prodi S2 KPI Pascasarjana UIN KHAS  Jember juga didukung oleh staf akademik, keuangan, dan teknis. Hal ini dimaksudkan untuk membantu kelancaran proses layanan akademik pada Pascasarjana UIN KHAS Jember.  (drkw)

No

Nama Dosen

Kompetensi Keilmuan

Relevansi Matakuliah S2 KPI

1.

Prof. Dr. H. Hepni, S.Ag., M.M.

Metodologi Penelitian

Metode Penelitian Komunikasi

2

Prof. Dr. M. Khusna Amal, M.Si

Sosiologi Agama

Sosiologi Komunikasi dan Media

3.

Prof. Dr. Ahidul Asror, M.Ag.

Filsafat Dakwah

Pengembangan Teori Dakwah

4.

Prof. Dr. H. Faisol Nasar Bin Madi, MA.

Ilmu Kalam

Studi Al-Qur'an Dan Hadis Komunikasi

5.

Dr. H. Sukarno, M.Si.

Metode Khusus Pendidikan Agama

Komunikasi Antarbudaya dan Pesantren

6.

Dr. H. Sofyan Hadi, M.Pd.

Evaluasi Pembelajaran

PAI

Manajemen Strategi Dakwah

7.

Dr. Kun Wazis, S.Sos, M.I.Kom.

Komunikasi Massa

Media Massa dan Isu Kontemporer

8.

Dr. Hj. Nurul Widyawati IR, M.Si

Teori-teori Komunikasi

Manajemen Industri Media Islam

9.

Dr. H. Imam Bonjol Juhari, , M.Si.

Sosiologi Agama

Sosiologi Komunikasi dan Media

10.

Dr. Hj. Siti Raudhatul Jannah, M.Med.Kom.

Komunikasi Jurnalistik

Teori-Teori Media

11.

Dr. Minan Jauhari, M.Si.

Public Relaton

Media dan Teknologi Komunikasi

12.

Dr. H. Fawaizul Umam, M.Ag.

Filsafat Umum

Filsafat Ilmu

13.

Dr. Ishaq, M.Ag.

Qowaid Al-Fiqhiyah

Studi Al-Qur'an Dan Hadis Komunikasi

Sumber data dapat diakses melalui link: https://drive.google.com/file/d/1B7yEzoPpAgx4uwhctEGzRJKQfQuyyens/view 

Berita Terbaru

Tim Kerja Optimal, Prodi S2 KPI Raih Akreditasi Baik Sekali
19 Apr 2024By oprpasca
S2 KPI Dukung Target Akreditasi Unggul UIN KHAS Jember
26 Mar 2024By oprpasca
Digitalisasi Prodi, Perkuliahan S2 KPI Gunakan Smart TV
26 Mar 2024By oprpasca

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;