pasca@uinkhas.ac.id 0821-3993-3356

Respon Fenomena AI, S2 KPI Gelar Workshop Penulisan Jurnal Terindeks Scopus

Home >Berita >Respon Fenomena AI, S2 KPI Gelar Workshop Penulisan Jurnal Terindeks Scopus
Diposting : Sabtu, 07 Sep 2024, 23:39:42 | Dilihat : 45 kali
Respon Fenomena AI, S2 KPI Gelar Workshop Penulisan Jurnal Terindeks Scopus


Narasumber Dr. Setya Cendra Wibawa, MT menyampaikan materi workshop di hadapan mahasiswa S2 KPI Pascasarjana UIN KHAS Jember.

HUMAS-Program Studi Magister Komunikasi dan  Penyiaran Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember (Prodi S2 KPI Pascasarjana UIN KHAS Jember)  menggelar Workshop Penulisan Karya Ilmiah Berbantuan Artificial Intelligence (AI) untuk Publikasi Jurnal Bereputasi Terindek Scopus pada Rabu, 21 Agustus 2024. Workshop yang dipusatkan di Gedung Kuliah Terpadu (GKT) Lt. 2 UIN KHAS Jember ini diikuti seluruh mahasiswa S2 KPI Pascasarjana UIN KHAS Jember, terutama yang menyiapkan ujian tesis. Sebab, salah satu syarat menempuh tugas akhir adalah memiliki jurnal internasional bereputasi, selain dapat memilih publikasi jurnal Sinta 3 atau presentasi di seminar internasional. Narasumber kegiatan sehari penuh itu adalah Dr. Setya Chendra Wibowo, S.Pd, M.T., MCE. C. PS., C.STMI., C.FD.,C.PM.,C.SW., akademisi yang memiliki pengalaman dalam menulis jurnal terindek Scopus. 

            Direktur Pascasarjana UIN KHAS Jember Prof. Dr. Moch. Chotib, MM., yang membuka kegiatan kegiatan mengungkapkan bahwa peningkatan kualitas karya ilmiah mahasiswa S2 dan S3 harus terus dikawal melalui berbagai strategi. “Salah satunya, fenomena AI yang sekarang ini menjadi trend, sehingga perlu diadaptasi sebagai bagian dari pengetahuan mahasiswa Pascasarjana UIN KHAS Jember, khususnya S2 KPI,” ujarnya.

            Lebih lanjut Prof Chotib menegaskan bahwa agar memudahkan pemahaman dan praktik penulisan jurnal terindeks Scopus, pakar yang memiliki pengalaman menulis di jurnal terindeks Scopus dihadirkan. “Pada era sekarang ini, dengan mahasiswa Pascasarjana, baik S2 maupun S3 yang beragam, tidak semuanya memahami penggunaan AI untuk penulisan karya ilmiah, sehingga sangat bermanfaat workshop ini,” tegasnya.

            Wakil Rektor 3 UIN KHAS Jember Dr. H. Khairul Faizin, M.Ag yang membuka serangkaian acara Prodi Pascasarjana tersebut menegaskan bahawa fenomana AI menjadi salah satu trend yang memicu kecepatan dalam mengakses data. “Untuk itu, dalam workshop ini, yang terpenting bagi  para mahasiswa adalah memastikan bahwa penggunaan AI itu bisa menghindari unsur plagiasi,” ujarnya.

            Narasumber tunggal Dr. Setya Chendra Wibowo, MT., dalam kesempatan workshop itu menegaskan bahwa AI memudahkan para mahasiswa untuk menelusuri data-data riset yang diperlukan. Untuk itu, penguasaan terhadap teknik dan strategi penggunaan AI harus bisa dikuasai para mahasiswa. “Untuk plagiasi, juga harus dihindari. Meski penggunaan AI ini mempercepat, tetapi proses verifikasi tetap harus dilakukan,” ujar akademisi yang berpengalaman menulis berbagai artikel di jurnal terindeks Scopus ini.


PERKUAT REPUTASI AKADEMIK: Wakil Rektor III UIN KHAS Jember Dr. H. Khoirul Faizin, M.Ag (dua dari kiri/berkacamata) usai membuka Workshop Penulisan Artikel Ilmiah Berbantuan AI pada jurnal bereputasi Scopus di GKT Lt. 2 UIN KHAS Jember, Rabu 21 Agustus 2024.

            Sementara itu, Kaprodi S2 KPI Pascasarjana UIN KHAS Jember Dr. Kun Wazis, M.I.Kom., mengungkapkan bahwa program penguatan Prodi yang memfokuskan pada workshop penulisan karya tulis ilmiah berbantuan AI untuk publikasi di jurnal bereputasi Scopus bertujuan untuk memudahkan para mahasiswa dalam menulis karya ilmiah. “Penelusuran data dengan menggunakan perangkat digital, seperti Google Scholar, website jurnal, dan beragam laman pustaka lain sudah banyak dilakukan. Hanya saja, penggunaan AI ini masih jarang dipilih, sehingga penting untuk dikenalkan, sekaligus didampingi oleh narasumber secara langsung,” ujarnya.

            Mahasiswa S2 KPI Angkatan 2023 Farikhatur Rohmah mengaku mendapatkan pengalaman yang menarik selama sehari workshop bersama narasumber yang berkompeten. Sebab, seluruh mahasiswa yang diwajibkan membawa laptop itu diajari secara detail langkah-langkah penggunaan AI dalam penulisan artikel ilmiah, terutama yang terindek Scopus. “Melalui praktik langsung penggunaan AI itu, temen-temen mahasiswa S2 KPI antusias dan mendapatkan kemudahan mempraktekkannya,” katanya. (wks/drkw)


KOLABORASI: Mahasiswa S2 KPI bersama Direktur dan narasumber usai Workshop di GKT Lt. 2 UIN KHAS Jember pada Rabu, 21 Agustus 2024.

 

Selengkapnya, CV Narasumber Dr. Setya Cendra Wibawa, M.T., dapat diakses melalui link:
https://drive.google.com/file/d/1RGbpqdqovmfnf9qWh2kpNZc6Fk7zGsV-/view

Selengkapnya, materi Narasumber Dr. Setya Cendra Wibawa, M.T., dapat diakses melalui link:
https://drive.google.com/file/d/1VtJrTaJjVnwGuUSWzLahktNEBNzx-4PK/view

Berita Terbaru

Review Kurikulum, Mahasiswa S2 KPI Bisa Lulus Semester 3
09 Sep 2024By oprpasca
Respon Fenomena AI, S2 KPI Gelar Workshop Penulisan Jurnal Terindeks Scopus
07 Sep 2024By oprpasca
Pasca Terakreditasi Baik Sekali, S2 KPI Perkuat Kerjasama
06 Jun 2024By oprpasca

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;