pasca@uinkhas.ac.id 0821-3993-3356

Digitalisasi Prodi, Perkuliahan S2 KPI Gunakan Smart TV

Home >Berita >Digitalisasi Prodi, Perkuliahan S2 KPI Gunakan Smart TV
Diposting : Selasa, 26 Mar 2024, 07:45:00 | Dilihat : 70 kali
Digitalisasi Prodi, Perkuliahan S2 KPI Gunakan Smart TV


DIGITALISASI KAMPUS: Smart TV digunakakan dalam kegiatan perkuliahan di Prodi S2 KPI Pascasarjana UIN KHAS Jember karena memiliki fungsi yang lengkap untuk mengakses beragam informasi, video, jurnal, berita, dan berbagai beragam produk digital lainnya sehingga mengefektifkan target pendidikan dan pengajaran.

HUMAS-Kualitas pendidikan dan pengajaran kampus terkait erat dengan pemenuhan fasilitas sarana prasana yang tersedia. Untuk itu, Pascasarjana UIN KHAS Jember menyiapkan berbagai perangkat digital untuk mendukung kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bidang pendidikan/pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Salah satunya, adalah menyiapkan Smart TV yang multifungsi dalam menyediakan beragam aplikasi untuk mengakses data tentang informasi, berita, opini, jurnal, grafis, dan berbagai produk digital lainnya.

                Direktur Pascasarjana UIN KHAS Jember Prof. Dr. Moch. Chotib, MM., mengungkapkan bahwa Smart TV merupakan salah satu perangkat digital yang dipilih dalam pembelajaran akademik yang canggih. Hal ini akan memudahkan para dosen dan mahasiswa, baik program S2 maupun program S3 untuk mendaptkan informasi yang dibutuhkan. “Digitalisasi kampus tidak bisa dihindari karena perkembangan teknologi informasi yang demikian pesat. Maka, kampus sebagai  lembaga pendidikan tinggi tidak boleh ketinggalan dalam merespon keberadaan teknologi ini,” ujarnya.

Selain Smart TV, lanjut Prof Chotib, berbagai sarana dan prasarana Pascasarjana UIN KHAS Jember  untuk kegiatan akademik sangat memadai, yakni dua gedung utama yang digunakan sebagai ruang perkuliahan. Sementara itu, gedung kedua yang terdiri dari tiga lantai selain sebagai ruang perkuliahan juga digunakan sebagai ruang pimpinan pascasarjana, ruang pimpinan Program Studi, ruang Sub Bagian Tata Usaha, ruang dosen, ruang baca perpustakaan pascasarjaa, dan aula. Di samping itu, ada juga prasarana pendukung, seperti: ruang laboratorium bahasa, ruang sidang tesis/disertasi, ruang

MULTIFUNGSI: Smart TV menjadi salah satu media komunikasi bagi mahasiswa S2 KPI Pascasarjana UIN KHAS Jember dalam kegiatan perkuliahan, seminar proposal, seminar hasil tesis, ujian tesis, diskusi/kajian media, hingga kebutuhan mengakses berbagai data ilmiah.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Smart TV yang digunakan Prodi S2 KPI sebenarnya melengkapi sarana yang sudah ada, diantaranya  ruang perkuliahan yang memadai: kursi lipat mahasiswa, kursi dan meja dosen, LCD projector, papan tulis putih (white board), free akses Wi-Fi; b) ruang direktur: kursi dan meja direktur, kursi dan meja tamu, lemari, komputer, printer, AC, dan free akses Wi-Fi; ruang pimpinan program studi: kursi dan meja pimpinan prodi, kursi untuk mahasiswa, AC, free akses Wi-Fi; ruang tata usaha: kursi dan meja administrator, 6 komputer, 6 printer, 2 mesin fotocopy, 5 lemari, 6 filling cabinet; ruang perpustakaan: kursi dan meja pustakawan, 4 komputer, 1081 judul dengan 2503 eksemplar dan 52 CD/kaset;  laboratorium bahasa: 40 unit;  Laboratorium komputer: 40 unit; dan mobil operasional Pascasarjana UIN KHAS Jember.

Kaprodi S2 KPI Pascasarjana UIN KHAS Jember Dr. Kun Wazis, M.I.Kom., menegaskan bahwa keberadaan Smart TV untuk kegiatan akademik di S2 KPI memberikan kemudahan bagi civitas akademika dalam menjalankan tugas akademik.  Penggunaan Smart TV ini juga mendukung beberapa matakuliah yang ditawarkan di Magister KPI, diantaranya matakuliah Manajemen Industri Media Islam dan Media dan Teknologi Komunikasi yang mengharuskan mahasiswa bisa menguasai penggunaan teknologi digital. “Tidak hanya Smart TV, dukunga  ruang ber-AC dan akses free WiFi juga disediakan selama kegiatan perkuliahan maupun pengurusan akademik yang membutuhka akses internet secara gratis,” katanya.

REPRESENTATIF: Salah satu ruang seminar proposal S2 KPI yang dilengkapi berbagai sarana dan prasarana, termasuk Smart TV. Penggunaan Smart TV memudahkan para dosen dan mahasiswa S2 KPI Pascasarjana UIN KHAS Jember dalam kegiatan akademik. Hal ini kemampuan Smart TV seperti layaknya Android yang memiliki kemampuan menyediakan beragam aplikasi.

Mahasiswi S2 KPI Angkatan 2023 Farikhatur Rohmah yang menggunakan fasilitas Smart TV mengungkapkan bahwa keberadaan Smart TV menjadi pengalaman baru dalam mengaplikan berbagai program digital yang ada. Selain kemampuan menampilkan beragam informasi untuk kebutuhan data riset, tampilan layar lebar dan jernih menjadi daya tarik tersendiri dalam memudah kegiatan perkuliahan. “Selain itu, penggunaan Smart TV sejalan dengan matakuliah Media dan Teknologi Komunikasi yang mengharuskan mahasiswa S2 KPI harus bisa menguasai penggunaan teknologi siber atau teknologi digital,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Muhammad Nurul Yaqin, mahasiswa S2 KPI Angkatan 2023 bahwa penggunaan Smart TV menjadi salah satu tantangan yang harus dikuasai oleh para calon magister yang mendalami media komunikasi. “Melalui Smart TV ini kita ditantang untuk bisa menggunakan secara cepat dan efektif dalam mendapatkan data-data yang ada. Jadi, sebagai mahasiswa S2 KPI, penggunaan Smart TV menjadi penting, sehingga memudahkan dalam kegiatan perkuliahan,” ujar mahasiswa penerima beasiswa BRI Journalis ini (drkw)

 

Selengkapnya Dokumen Smart TV dan Sarana Prasarana Pascasarjana UIN KHAS Jember yang digunakan dalam kegiatan akademik Program Studi Magister S2 KPI dapat diakses melalui link: https://drive.google.com/file/d/1cyOHHnY7awP8ds9svGUJeiTuYwoIkdFX/view

Berita Terbaru

Tim Kerja Optimal, Prodi S2 KPI Raih Akreditasi Baik Sekali
19 Apr 2024By oprpasca
S2 KPI Dukung Target Akreditasi Unggul UIN KHAS Jember
26 Mar 2024By oprpasca
Digitalisasi Prodi, Perkuliahan S2 KPI Gunakan Smart TV
26 Mar 2024By oprpasca

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;